Sabtu, 19 Maret 2011

Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur

Tidur mendengkur alias ngorok sepertinya hal yang biasa, namun jika hal ini dibiarkan, maka akan mengganggu istirahat orang lain, kesehatan kita juga akan terganggu. Penyebab dari mendengkur adalah bermacam-macam, mulai dari keturunan, kecapaian hingga kondisi tubuh atau penyakit..Jika Anda merupakan salah satu dari orang yang mempunyai kebiasaan tidur mendengkur, segera atasi dengan cara sebagai berikut :
1. Tidur dalam posisi miring
Dengan posisi demikian Anda dapat mengatur nafas saat tidur, sehingga dengkuran bisa diminimalkan.
2. Konsumsi madu
Sebelum tidur, konsumsilah beberapa sendok madu. Menurut penelitian, madu bisa membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur.
3. Jangan minum susu sebelum tidur
Susu memang terbukti membantu mengobati insomnia, tapi jika Anda bermasalah dengan dengkuran lebih baik tak usah saja. Susu dan yogurt ternyata bisa menyebabkan dengkuran.
4. Atur letak bantal
Saat tidur, posisi bantal harus lebih tinggi. Jika bantal dalam posisi datar atau lebih rendah, akan menyumbat keluar masuk udara sehingga bisa menimbulkan dengkuran.
5. Diet sehat
Diet ini berlaku untuk mereka yang kegemukan, karena tubuh yang menyimpan banyak lemak, bisa menyebabkan dengkuran.
6. Hidup sehat
Hindari rokok dan minuman beralkohol. Konsumsi makanan sehat, banyak minum air putih, dan olahraga teratur. Jika tubuh Anda sehat, Anda bisa terhindar dari risiko mendengkur.
Dibawah ini juga ada resep tradisional yang bisa mengatasi kebiasaan mendengkur.
Ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih. Memarkan hingga pipih. Masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu, aduk hingga rata, minumlah.
Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut. Jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok (mendengkur) akan hilang.

By : Ardian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar